Blogger Cianjur

Blogger? apaan tuh? kerjaannya ngapain? apa untungnya jadi blogger? Itulah kesan pertama yang saya dapat ketika orang-orang dilingkungan baru di salah satu desa di Kabupaten Cianjur yang saya tinggali bertanya mengenai apa pekerjaan saya. Oh ya, tahun 2013 saya resmi memiliki KTP Cianjur yang sebelumnya ber KTP Bandung.

Tak seperti di Bandung, profesi atau lebih tepat dibilang hobi menulis blog ini, tahun 2013 yang lalu sepertinya masih terdengar asing di Cianjur ini, hal ini bisa saya rasakan ketika hendak mencairkan hasil jerih payah menulis blog saat metode pengiriman pembayaran penghasilan belum melalui transfer langsung lewat Bank.

di Bandung, saat pencairan penghasilan pasti sering bertemu blogger lain yang sedang mencairkan penghasilannya juga, terkadang kita share, berbagi tips dan saling intip penghasilan.

Beda halnya dengan di Cianjur, awalnya agak sedikit rumit karena nyatanya pengirim uang adalah Google, dimana pengirimnya bisa berasal dari USA, Findlandia atau cabang Google terdekat yaitu Singapura. Bahkan pada saat pencairan harus melengkapi dokumen tidak sesederhana waktu di bandung.

ngeBlog dari Cianjur

Saat itu mungkin sudah banyak juga blogger cianjur yang aktif menulis blog, sayapun pernah beberapa kali searching dan menemukan blog yang dikelola oleh blogger cianjur.
Sebuah koran lokal pernah memuat artikel yang membahas seorang blogger cianjur berpenghasilan ribuan dollar per bulannya.

Kemudian saya coba menelusuri Blog apa saja yang bisa membuat blogger cianjur tersebut mampu mendapat penghasilan cukup fantastis. Dari pengamatan saya, dia lebih banyak bermain di aplikasi berbasis android meski memiliki beberapa blog. Tapi nyatanya blogger tersebut bisa dibilang low profile. Lalu apakah saya sudah memiliki penghasilan dari blog? silahkan intip disini

Blogger Cianjur

Menjadi penulis blog memang bisa dilakukan dimana saja selama terjangkau oleh koneksi internet, namun adakalanya seorang blogger membanggakan kota kelahirannya dengan menulis artikel tentang dirinya dan kota kelahirannya.

Komunitas Blogger Cianjur

Senang juga ketika mendengar ada komunitas Blogger di Cianjur, ini membuktikan bahwa warga Cianjur tak mau kalah dengan kota-kota lainnya yang memahami tentang manfaat dan keuntungan menjadi blogger.

Sama seperti saya, sepertinya ada juga blogger lain yang melacak keberadaan blogger lainnya, tujuannya tak lain hanya sekedar ingin berkenalan, selanjutnya saling berbagi tips dan informasi yang mungkin akan bermanfaat bagi masing masing.

Pernah ada blogger dari cianjur yang berhasil menemukan saya dan mengajukan banyak pertanyaan, sayapun senang menanggapinya selama pertanyaan-pertanyaan itu dalam konteks yang wajar.

"Kang, blog akang teh hampir tidak punya backlink tapi naha bisa populer? tips na kumaha kang?" itulah salah satu pertanyaan yang saya ingat dari banyak pertanyaan yang diajukan oleh blogger dari cianjur dan juga cipanas.

Sebenarnya kurang tahu kenapa blog saya bisa populer untuk beberapa kata kunci, saya tidak suka blogwalking, tukeran link atau menggunakan cara-cara lainnya agar blog bisa mudah terindex google. Setahu saya, selama tulisan itu orsinil dan bermanfaat, pasti akan cepat terindex mesin penelusuran. Ya, hanya itu saja.

Daftar para Blogger Cianjur

Hingga saat ini, saya masih mencari keberadaan komunitas para blogger Cianjur, apa saja blognya, niche apa saja yang ditulisnya, berbagi tips dan saran, bahu membahu, saling membantu dan tanpa bermaksud ujub atau takabur, yang paling akan memotivasi blogger lainnya yang belum sukses adalah mengetahui berapa penghasilan mereka dari blog-blog yang dikelolanya.

Tapi, aslinya mungkin saya juga merasa harus tahu diri, sudah tua sudahlah... diem aja dirumah jangan ikut-ikutan nimbrung sama para blogger yang masih muda.

6 komentar:

  1. Waduh ternyata ada suhu nih di cianjur,salam pang wanoh kang,kayak nya google suka natural deh yang penting User experience,sami sami urang Cianjur semoga bisa terjalin silaturahmi dan bisa share ilmu...kang hidup bloger cianjur,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun parantos komentar Kang Kay, salam pangwanoh oge. Abdi ti Cijedil Cugenang

      Hapus
  2. Saya juga asli warga cianjur kang. ..hehe salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nami Encep Nurdin teh sering muncul pami googling "blogger cianjur", nuhun parantos linggih di blog abdi

      Hapus

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan meski itu mengkritisi.