Cara Menghubungkan EZCast dari Laptop ke TV

Bagi penggemar teknologi elektronik dan komputer pasti sudah mengetahui istilah screen mirroring menggunakan perangkan dongle M2 dari EZCast. Ya, EZCast Dongle M2 berfungsi untuk menampilkan aktivitas layar handphone atau layar komputer muncul di TV secara Nirkabel.

Dengan menggunakan Smartphone Android Lolipop 5 dan memiliki fitur Layar Transmisi atau Cast Screen maka dengan mudah kita dapat menggunakan EZCast Dongle M2 sebagai perangkat untuk menayangkan layar handphone di TV. Meski kurang setuju, ada yang bilang bahwa hal ini juga disebut Cara mengubah TV Biasa menjadi Smart TV.

Menggunakan EZCast dari Laptop ke TV

Pengaturan EZCast dari Android ke TV ternyata sudah banyak yang membahasnya di Blog ataupun Youtube, salah satunya bisa dilihat Video ini. Dan untuk melengkapi berbagai tutorial yang ada, disini saya akan berbagi tentang cara pengaturan EZCast Dongle M2 dari Laptop ke TV.

Dari berbagai petunjuknya terkesan sangat simple, masuk ke Control Panel, Add Device, Device Detected, Install Device dan Screen mirroringpun sudah bisa dilakukan.

Namun, apa yang saya alami ternyata tidak semudah itu, Perangkat EZCast Dongle M2 tidak terdeteksi oleh laptop saya, bahkan dapat dikatakan tidak support. Berikut ini spesifikasi Laptop yang digunakan :
  1. Acer TM-2450 Core i-5
  2. Ram 6GB
  3. OS : Windows 7
  4. 1 unit EZCast Dongle M2
Nah, Laptop tersebut tidak bisa Screen Mirroring menggunakan EZCast Dongle M2 tersebut meski sudah beberapa kali menginstall Software EZcast versi terbaru.

Cara Setting atau pengaturan EZcast dari Laptop ke TV

Cara pengaturan EZcast dari Laptop ke TV

Setelah berusaha beberapa kali dan menggunakan berbagai cara, akhirnya permasalahan EZcast dari Laptop ke TV ini sudah bisa diatasi, namun harus memiliki Extender untuk bisa menayangkan layar Laptop muncul di TV. Silahkan simak langkah-langkahnya :
  1. Perangkat : Laptop, HDMI TV dan Handphone android yang support Layar Transmisi (Cast Screen).
  2. Install EZScreen App di HP Android
  3. Install Software EZCast di Laptop
  4. Atur EZcast Dongle M2 pada mode Miracast
  5. Hubungkan Layar Transmisi (Screen Cast) dari Handphone ke TV, tunggu hingga terhubung lalu close all.
  6. Buka EZScreen App di HP, tunggu hingga selsai.
  7. Buka Software EZCast di Laptop
  8. Klik "Search Device".
  9. Double klik nama perangkat yang terdeteksi
  10. Klik menu Mirror, pilih Mirroring atau Extended
  11. Kini layar Laptop sudah muncul di TV
Meski terlihat berbelit-belit dan membingungkan, namun pada dasarnya cara menampilkan Layar Laptop di TV ini dilakukan melalui wifi extended dari Smartphone android.

Untuk lebih memudahkan, nanti akan saya upload petunjuk ini melalui Video di Youtube.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan meski itu mengkritisi.